jenis saku baju

Saku menjadi bagian yang cukup penting pada sebuah baju. Kamu bisa menggunakannya untuk menyimpan uang, dompet, maupun kunci. Selain itu, keberadaannya juga dapat berguna untuk sarana dekoratif pada baju sehingga terlihat menarik. Oleh karenanya, kamu bisa menemukan berbagai jenis saku baju yang biasa digunakan.

Berkaitan dengan saku baju, kamu bakal menjumpai ada begitu banyak model yang digunakan pada berbagai jenis pakaian. Ingin tahu macam-macam saku baju tersebut? Simak penjelasannya sebagai berikut, yuk!

Daftar Isi

1. Jenis Saku Tempel (Patch Pocket)

jenis saku tempel

Tipe saku baju yang pertama adalah model saku baju tempel atau patch pocket. Kamu dapat menjumpai penggunaan patch pocket dalam berbagai jenis label baju, mulai dari kemeja, jaket, maupun kaos

Selain itu, desain dari saku tempel juga sangat bervariasi. Model yang paling umum adalah saku tempel dengan bentuk persegi. Namun, kamu dapat pula menemukan desain saku tempel yang berbentuk bulat atau segi lima. 

2. Jenis Saku Kanguru (Kangaroo)

jenis saku baju kanguru

Selanjutnya, ada macam-macam saku yang disebut sebagai saku kanguru atau kangaroo. Penyebutan tersebut merujuk pada bentuknya yang mirip dengan kantong kanguru. Saku ini biasa ditempatkan pada bagian depan baju, di area perut. Ukurannya lebar dan terdapat bukaan pada bagian samping kiri dan kanan.

Kamu dapat menjumpainya disertai maupun tanpa resleting. Penggunaannya bakal sering kamu temukan pada produk fashion berupa jaket serta hoodie

Baca juga: Dikira Sama! Ternyata Ini Perbedaan Jaket, Hoodie, dan Sweater

3. Jenis Saku Samping (Side)

jenis saku baju samping

Outfit merupakan bagian penting dalam menunjang penampilan kamu. Kalau kamu ingin tampil rapi, pertimbangkan memilih outfit atau baju dengan kantong samping. Alasanya, karena kantong ini menawarkan bentuk yang rapi dan bukaan tak terlihat.

Saku samping juga dikenal dengan istilah saku dalam tanpa lajur. Pemakaiannya bakal sering kamu jumpai pada celana serta rok. Terdapat dua variasi saku samping yang dapat kamu temukan, yakni: 

  • Slanted pocket. Jenis saku samping ini mempunyai karakteristik pada bukaan dengan bentuk miring. 
  • Straight pocket. Model saku samping ini memiliki desain bukaan yang lurus. 

Meski begitu, tidak menutup kemungkinan kalau kamu menemukan penggunaan model saku samping pada pakaian. Beberapa jenis pakaian yang biasa disertai dengan saku samping di antaranya adalah busana muslim pria.

4. Jenis Saku Kargo

jenis saku kargo

Jenis saku baju selanjutnya adalah saku kargo. Pemakaiannya bakal kamu temukan pada celana dengan bentuk yang sangat besar. Selain itu, kamu juga bakal menemukan penggunaan istilah lain pada saku ini, yakni saku kempol.

Ukurannya yang besar membuat saku kargo dapat memuat berbagai jenis barang dalam jumlah cukup banyak. Oleh karenanya, pemakaian celana kargo begitu populer untuk aktivitas outdoor

Dulu, pemakaiannya hanya bakal kamu temukan pada celana pria, kerap disebut dengan istilah celana kargo. Saat ini, pemakaiannya sudah meluas. Kamu pun dapat menemukan celana wanita yang disertai dengan desain saku kargo.  

5. Jenis Saku Passepoline

jenis saku passepoline

Pakaian dengan lengan baju licin memberi kesan penampilan fashion yang rapi dan formal. Sebagai pelengkap, kamu bisa mengenakan celana dengan saku passepoille atau paspol pada bagian belakang. 

Saku paspol mempunyai ciri khas pada keberadaan dua lajur, bagian atas dan bawah. Selain itu, kamu dapat menjumpai bagian tengah yang berfungsi sebagai tempat memasukkan tangan. 

Meski begitu, ada pula saku paspol yang memiliki satu lajur saja. Berbeda dengan saku paspol dengan dua lajur, saku passepoille yang punya satu lajur biasanya memiliki ukuran lebih lebar.

6. Jenis Saku Vest

jenis saku vest

Berikutnya, kamu dapat menemukan jenis saku baju yang disebut dengan sebutan saku vest. Pemakaiannya bisa kamu temukan pada berbagai jenis produk fashion. Tak terbatas pada celana, tetapi juga pada jas, kemeja, dan bahkan jaket. 

Bentuk dari saku vest mempunyai kemiripan dengan saku passepoile dengan satu lajur. Hanya saja, terdapat penambahan tutup pada saku vest. Selain itu, kamu juga bakal menemukan tampilan saku vest yang tersembunyi karena berada di balik baju.

7. Jenis Saku Klep

jenis saku klep

Ada pula jenis saku baju yang disebut dengan nama saku klep. Saku ini mempunyai bagian penutup pada bagian atas. Keberadaan penutup tersebut membuat mulut kantong tidak terlihat. 

Pemakaian saku klep begitu populer bukan hanya karena desainnya yang menarik. Namun, kamu juga bisa memperoleh keamanan karena desainnya yang tertutup sehingga benda yang ada di dalamnya tidak mudah jatuh.

8. Jenis Saku Kabinet/Safari

jenis saku baju kabinet

Terakhir, kamu bisa menjumpai jenis saku kabinet atau safari. Bentuknya mirip dengan saku klep. Hanya saja, terdapat variasi berupa lipatan pada bagian tengah saku. Penggunaannya paling umum kamu temukan pada baju dinas PNS. Desainnya membuat baju terlihat lebih rapi. 

Nah, itulah berbagai jenis saku baju yang perlu kamu ketahui. Masing-masing tipe kantong baju tersebut mempunyai fungsi serta gaya tersendiri. Oleh karena itu, kamu perlu menggunakan model saku yang sesuai biar tidak salah kostum. 

Ingin mencari produk fashion dengan berbagai pilihan model saku baju? Kamu bisa mendapatkannya di Wellen Project. Wellen Project merupakan toko fashion terkemuka di Indonesia yang menyediakan pakaian dalam berbagai jenis model dan ukuran. Sebagai tambahan, Wellen Project juga memiliki banyak info menarik bagi kamu yang tertarik dengan dunia fashion. Kamu bisa mencari tahu jenis bahan kaos yang paling tepat maupun memahami pemakaian jenis kancing baju.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Add to cart