Apa kamu termasuk salah satu yang suka mengenakan kaos oversize? Fashion streetwear satu ini kembali hit di pasaran dan disukai terutama oleh kaum milenial dan generasi Z. Sesuai dengan namanya, kaos oversize memang terlihat kebesaran di badan si pemakai. Namun, justru di situ letak kelebihan dan keunikannya.

Tren kaos kedodoran ini kembali populer karena banyak dipakai oleh girlband dan boyband Korea, serta banyak muncul di drama-drama Korea. Karenanya, kaos oversize semakin banyak diminati kaum muda di Indonesia, mengingat tren fashion Korea menjadi kiblat fashion banyak negara saat ini.

Jadi, apa sebenarnya perbedaan kaos oversize dan biasa? Untuk tahu lebih jauh apa sih kaos oversize itu dan cara memilih kaos oversized, baca terus artikel ini.

Apa Itu Kaos Oversize?

kaos oversized kuning
Kaos Oversized warna Kuning

Kaos oversize cukup populer di kalangan pecinta fashion streetwear. Ciri khas kaos ini adalah ukurannya yang lebih besar dibandingkan kaos pada umumnya. Karena itulah saat dipakai, kaos akan terlihat longgar di badan. Kaos oversize biasanya tidak memiliki jenis kerah kaos yang khusus.

Namun, justru itulah yang bikin kaos oversize semakin menarik. Kaos ini memberikan kesan unik, stylish, baggy, dan boyish di saat yang sama. Model kaos ini sendiri menjadi sangat populer di tahun 1990-an saat tren budaya hip-hop dan skate mendunia.

Sejak saat itulah banyak brand kaos fashion baik pria dan wanita secara gencar ikut meramaikan tren kaos ini. Walaupun ukurannya besar, bukan berarti kaos ini hanya cocok buat kamu yang memiliki badan berisi. Faktanya, kaos oversize cocok buat semua bentuk badan. Kaos oversize bikin kamu yang berbadan kurus tampak lebih berisi.

Bahan yang Biasanya Digunakan pada Kaos Oversize

bahan kaos warna kuning
Contoh Bahan Kain Kaos Oversized

Bahan utama untuk kaos cukup beragam seperti kaos lengan pendek ataupun kaos lengan panjang. Namun, untuk kaos oversize sendiri bahan yang paling cocok digunakan adalah cotton combed. Ada tiga macam bahan cotton combed yang paling umum dipakai untuk produksi, yaitu cotton combed 20s, cotton combed 24s, dan cotton combed 30s.

Berikut ini penjelasan singkat dari setiap jenis cotton combed:

1. Cotton combed 20s

Dibandingkan jenis yang lain, cotton combed 20s memiliki ketebalan lebih unggul. Ketebalannya mencapai 180 sampai 220 gr/m2. Secara kualitas dan harga, cotton combed 20s lebih juara.

2. Cotton combed 24s

Jenis bahan ini banyak dipakai untuk kaos distro. Ketebalan cotton combed 24s adalah 170 hingga 210 gr/m2. Harga yang ditawarkan juga lebih terjangkau.

3. Cotton combed 30s

Cotton combed 30s memiliki ketebalan lebih rendah dibandingkan dua jenis di atas. Tingkat ketebalannya adalah 140 hingga 160 gr/m2. Karenanya, bahan jenis ini lebih ringan. Selain itu, cotton combed 30s memiliki daya serap yang sangat bagus.

Ragu Pakai Kaos Oversize? Lihat Dulu Kelebihan Kaos Oversize Ini!

trend pemakaian kaos oversized orang korea
Trend Pakai Kaos Oversized Wanita Korea

Tentu bukan tanpa alasan kaos oversize memiliki banyak penggemar. Berikut ini beberapa kelebihan kaos oversize yang bikin model tersebut selalu jadi tren di segala era.

1. Tampilan Jadi Makin Trendy dan Fashionable

Tidak sedikit selebriti Hollywood dan idols dari Korea memilih kaos oversize, sebut saja Gigi Hadid dan Hailey Bieber yang terlihat sering menggunakan jaket atau outer oversize. Walaupun tidak pas di tubuh, kaos oversize malah bikin kamu terlihat modis dan fashionable

2. Kenyamanan dan Ruang Ekstra Untuk Tubuhmu

Tidak cuma bikin tambah modis, kaos oversize juga sangat nyaman dipakai. Karena tidak terlalu ketat di tubuh, mengenakannya akan lebih lega. Kamu juga lebih leluasa saat bergerak. 

3. Menyamarkan Bentuk Tubuh

Buat kamu yang tidak pede dengan bentuk tubuhmu, kaos oversize dijamin bakal bikin kamu lebih percaya diri dan nyaman. Tubuh yang kecil akan terlihat lebih berisi, sedangkan tubuh yang berisi akan tersamarkan.

Perbedaan Kaos Oversize dan Biasa

Kaos oversize tentu berbeda dengan kaos biasa. Berikut ini perbedaannya.

1. Perbedaan dari Ukuran dan Proporsi

Perbedaan yang pertama tentu dari ukuran dan proporsinya. Secara umum, kaos biasa seperti kaos polos dengan ukuran Small (S) memiliki panjang 63 cm dan lebar 43 cm. Sedangkan size chart kaos oversize untuk ukuran Small (S) adalah panjang 70 cm dan lebar 56.

Ukuran Large (L) untuk kaos biasa umumnya adalah panjang 73 cm dan lebar 55 cm. Berbeda dengan ukuran L untuk kaos oversize adalah panjang 74 cm dan lebar 60 cm.

2. Perbedaan dari Kenyamanan dan Fleksibilitas

Karena ukuran dan proporsi yang lebih besar tadi, kamu akan merasa lebih nyaman dan leluasa saat memakai kaos oversize dibandingkan kaos biasa. Kaos biasa juga umumnya memiliki panjang di batas pinggang, sehingga kurang fleksibel dipakai untuk kegiatan yang melibatkan banyak gerak.

3. Perbedaan Dalam Style dan Penampilan

Seperti sudah dibahas tadi, kaos oversize bikin kamu tambah trendy dan fashionable. Untuk memakai kaos oversize ala Korea, kamu bisa mix and match dengan rok A-line, high waist jeans, dan celana pendek.

4. Waktu Pemakaian Kaos Biasa dan Kaos Oversize

Buat kamu yang nge-fans dengan gaya casual dan chic, kaos oversize pilihan yang tepat. Kaos model ini cocok banget buat dipakai hangout bareng teman, ke konser, dan acara santai lainnya.

Nah, itu tadi pengertian kaos oversize, bahan terbaik yang dipakai, dan perbedaan kaos oversize dan biasa. Sebaiknya pilih bahan kaos yang bagus supaya kamu lebih nyaman memakainya. Selain itu, ada banyak banget pilihan padu padan fashion untuk dipakai dengan kaos oversize ini. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Add to cart